Selasa, 28 Agustus 2018

Memilih IUD yang Tepat

Memilih IUD yang Tepat: Mirena vs. ParaGard vs. Skyla

Intrauterine devices (IUDs) adalah metode pengendalian kelahiran yang sangat efektif. IUD adalah perangkat kecil berbentuk T yang ditempatkan di rahim Anda. Itu harus diresepkan oleh dokter Anda, yang akan menempatkannya di rahim Anda selama prosedur rawat jalan sederhana.

Lima merek IUD yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) tersedia saat ini. Mirena, Skyla, Liletta, dan Kyleena mengeluarkan hormon untuk mencegah kehamilan. ParaGard mengandung tembaga dan tidak melepaskan hormon.

Yang mana yang tepat untuk Anda? Mari bandingkan Mirena, Skyla, dan ParaGard untuk mengeksplorasi bagaimana IUD ini serupa dan berbeda.

Bagaimana IUD bekerja

IUD adalah alat kontrasepsi jangka panjang. Mereka dapat tetap ditanam di rahim Anda selama beberapa tahun. Namun, mereka dapat dengan mudah dihapus jika Anda ingin hamil.

IUD terbuat dari plastik yang disebut polyethylene. Mereka berbentuk huruf T, dengan tali yang menempel di bagian bawah T. String memudahkan dokter untuk mengangkat IUD. String juga membantu Anda mengetahui bahwa itu masih ada saat Anda memeriksanya setiap bulan.

Mirena dan Skyla

Mirena dan Skyla perlahan melepaskan hormon ke tubuh Anda setiap hari. Hormon-hormon ini dapat memiliki tiga efek yang berbeda untuk membantu mencegah kehamilan:

    Mereka mungkin membuat Anda berovulasi lebih jarang.
    Mereka mengentalkan lendir serviks, yang membuat lebih sulit bagi sperma untuk masuk ke rahim Anda.
    Mereka membantu mencegah sperma mengikat ke sel telur dan melekat di rahim Anda.

Skyla mengandung 13,5 mg hormon progestin levonorgestrel. Sekitar 14 mcg hormon dilepaskan setiap hari selama 25 hari pertama. Setelah itu, perangkat melepaskan 5 mcg levonorgestrel per hari selama tiga tahun ke depan.

Mirena mengandung 52 mg levonorgestrel. Sekitar 20 mcg hormon ini dilepaskan setiap hari ketika perangkat pertama kali dimasukkan. Angka turun menjadi sekitar 10 mcg per hari saat mencapai kedaluwarsa.

Liletta dan Kyleena adalah dua IUD lainnya yang perlahan-lahan mengeluarkan hormon dalam jumlah rendah ke dalam tubuh Anda. Liletta mengandung 52 mg levonorgestrel dan Kyleena mengandung 19,5 mg levonorgestrel. Namun, ini adalah IUD terbaru, sehingga mereka belum termasuk dalam banyak penelitian seperti IUD lainnya. Liletta disetujui oleh FDA pada Februari 2015, dan Kyleena disetujui pada bulan September tahun berikutnya.

ParaGard

ParaGard tidak memiliki hormon apa pun. Sebaliknya, ia memiliki 176 mg kawat tembaga melingkar di sekitar batang vertikal bentuk-T. Ia juga memiliki 68,7 mg tembaga melilit setiap sisi lengan horizontal.

Tembaga menghasilkan reaksi peradangan di dalam rahim Anda. Ini menciptakan lingkungan yang berbahaya bagi sperma. Lingkungan ini membantu mencegah sperma dari pemupukan telur dan dapat mencegah telur melekat di rahim Anda.

Skyla Mirena ParaGard

Ukuran 28 mm x 30 mm 32 mm x 32 mm 32 mm x 36 mm
Jenis hormon Progestin Hormon Progestin Tembaga
Efektif hingga 3 tahun 5 tahun 10 tahun
Efek samping yang penting Dapat menyebabkan perubahan pada periode Anda Dapat menyebabkan perubahan pada periode Anda Dapat menyebabkan pendarahan dan ketidaknyamanan

Efek samping

Mirena dan Skyla memiliki efek samping yang sama. Anda mungkin mengalami perubahan pada periode Anda, seperti peningkatan perdarahan menstruasi, ketidaknyamanan, atau tidak ada periode sama sekali. Anda mungkin juga memiliki:

    jerawat
    sakit kepala
    kelembutan payudara
    kista ovarium
    suasana hati depresi
    nyeri di perut atau daerah panggul

Dengan ParaGard, Anda mungkin memiliki reaksi alergi terhadap tembaga. Efek samping lainnya termasuk:

    perdarahan menstruasi yang berat
    tidak nyaman
    periode yang lebih lama
    sakit punggung dan kram saat Anda tidak mengalami menstruasi

Ketiga perangkat dapat jatuh atau bergeser posisi. Ini dapat meningkatkan risiko kehamilan Anda. Mereka juga bisa merobek rahim Anda. Selain itu, ketiganya dapat menyebabkan penyakit radang panggul, tetapi ini jarang terjadi. Jika Anda memiliki banyak pasangan seksual, metode pencegahan kehamilan ini bukanlah pilihan terbaik Anda.

Efektivitas

Hasil studi menunjukkan bahwa ketiga IUD memiliki keefektifan yang serupa. Baik IUD tembaga dan hormonal lebih efektif dalam mencegah kehamilan daripada bentuk kontrol kelahiran lainnya, selain sterilisasi. Secara keseluruhan, IUD lebih dari 99% efektif mencegah kehamilan. Ini berarti bahwa kurang dari satu dari 100 wanita yang menggunakan IUD hamil setiap tahun.
Risiko

Salah satu risiko utama menggunakan IUD adalah sedikit kemungkinan bahwa Anda akan mengalami kehamilan ektopik jika Anda hamil saat menggunakannya. Namun, risiko kehamilan ektopik ketika Anda tidak menggunakan IUD lebih tinggi.

Ada juga risiko kecil bahwa IUD dapat berpindah posisi atau jatuh. Ini dapat meningkatkan risiko kehamilan yang tidak diinginkan.

Kondisi tertentu dapat menyebabkan masalah jika Anda menggunakan IUD hormonal atau IUD tembaga. Anda tidak boleh menggunakan IUD jika Anda memiliki penyakit hati atau jika Anda memiliki atau telah memiliki kondisi berikut:

    kanker serviks, payudara, atau uterus
    penyakit radang panggul
    pendarahan uterus yang tidak dapat dijelaskan

Bicaralah dengan dokter Anda

Baik IUD hormonal dan IUD tembaga merupakan metode pengendalian kelahiran yang efektif. Perbedaan utama antara Mirena, Skyla, dan ParaGard adalah terbuat dari apa, bagaimana mereka bekerja, berapa lama mereka bertahan, dan kemungkinan efek samping.

Misalnya, Mirena dan Skyla melepaskan hormon ke dalam tubuh Anda, jadi jika Anda lebih memilih untuk menghindari hormon, Anda dapat memilih ParaGard. Namun, hormon di Mirena dan Skyla hanya dirilis di satu bagian tubuh Anda. Mereka tidak memiliki efek luas yang sama seperti hormon dalam pil KB, yang dikirimkan melalui aliran darah Anda. Di sisi lain, jika Anda sudah mengalami pendarahan hebat dan kram selama haid, Anda mungkin tidak ingin menggunakan ParaGard, yang dapat memperburuk pendarahan Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang IUD, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka dapat memberi Anda lebih banyak informasi tentang perangkat ini dan mengarahkan Anda menuju IUD yang dapat bekerja dengan baik untuk Anda. Pastikan untuk menanyakan kepada dokter Anda setiap pertanyaan yang Anda miliki, seperti:

    Apakah ada manfaat untuk IUDs hormonal Liletta atau Kyleena versus Mirena atau Skyla?
    Adakah alasan mengapa saya harus menghindari penggunaan IUD yang mengandung hormon?
    Apa pilihan kontrol kelahiran jangka panjang lainnya yang Anda sarankan untuk saya?

IUD tidak melindungi terhadap penyakit menular seksual, dan karena mereka adalah benda asing, mereka dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena infeksi. Anda masih harus menggunakan kondom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar